Windows Defender merupakan antivirus bawaan Windows yang dikembangkan secara eksklusif. Beberapa fitur yang dibawa oleh antivirus garapan Microsoft ini sangat ampuh untuk mengamankan PC dari ancaman virus.

Namun, Windows Defender seringkali menganggap file maupun aplikasi yang sebenarnya aman dianggap berbahaya olehnya. Biasanya, hal ini ditemukan ketika kita hendak menginstall sebuah aplikasi pada komputer. Maka dari itu, terkadang kita harus mematikan Windows Defender untuk sementara waktu agar aplikasi yang ingin diinstal tidak terblokir oleh antivirus ini.

Berikut langkah untuk menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 :
  1. Silahkan buka Windows Defender, bisa kalian gunakan fitur kolom pencarian dengan mengetikan kata "Virus"
  2. Buka Virus & Threat Protection
  3. Pada pilihan Virus & threat protection setting , Pilih manage setting
  4. Di dalam tampilan Virus & threat protection setting, terdapat pilihan “Real-time protection” silahkan non-aktifkan dengan cara menggeser toggle ke posisi off.
  5. Kemudian Pilih Yes
Perlu diketahui, mematikan antivirus Windows Defender akan sangat berbahaya bagi keamanan PC. Sebaiknya jangan terlalu lama mematikan Windows Defender, karena PC sangat rentan terhadap serangan virus. Terkecuali kalau kita juga menginstal antivirus yang lain untuk kekebalan PC kita dari serangan virus yang membahayakan data-data penting yang ada pada PC

Itulah langkah untuk menonaktifkan windows defender, sedangkan untuk mengaktifkan kembali windows defender bisa dengan cara diatas hanya saja pada “Real-time Protection” kita posisikan pada On

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, gunakan kata-kata yang sopan dan santun